• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : hki@iainmadura.ac.id

Hukum Keluarga Islam

Institut Agama Islam Negeri Madura

Ngaji Qiroah Mubadalah : Perspektif dan Metode Berhukum







Kegiatan webinar yang dilaksanakan oleh program Studi Hukum keluarga Islam dan diikuti tidak kurang dari 100 peserta ini, baik dari civitas akademika IAIN Maduran dan dari luar IAIN Madura adalah salah satu bagian kegiatan akademik prodi Hukum Keluarga Islam dalam rangka penguatan kapasitas keilmuan mahasiswa dan dosen. Kegiatan ini menghadirakan penulis buku “Qiroah Mubadalah” Dr. KH. Faqihuddin Abdul Kadir, MA. Menurut Ketua Prodi Hukum Keluarga Islam bapak Abdul Jalil, M.HI dalam sambutannya, tema "Ngaji Qiroah Mubadalah : Perspektif dan Metode Berhukum" sengaja dipilih untuk menambah dan menguatkan perspektif para mahasiswa dan dosen termasuk masyarakat umum.


Dengan perspektif mubadalah (kesalingan) dalam memahami teks-teks keagamaan Al-Quran dan Hadits terutama yang berkaitan dengan hukum keluarga Islam seperti pernikahan, hadlanah, warits, dan lain-lain tidak lagi pincang, hanya berpihak pada satu jenis kelamin, melainkan nyata untuk rahmatan lil ‘alamin baik laki-laki dan perempuan, karena diakaui atau tidak dalam praktik di masyarakat masih sering dijumpai pemahaman bahkan tindakan-tindakan yang mendiskreditakn perempuan baik dalam wilayah domestik maupun ranah publik. Sekali lagi, ini terjadi antara lain akibat pemahaman yang tidak mubadalah. Masih dalam sambutan Ketua prodi, bahwa tema tersebut sangat cocok untuk mahasiswa yang sekarang akan atau sedang melakukan penelitian skripsi. Sebagai suatu perspektif, mubadalah dapat bahkan sangat pas dijadikan pisau analisis dalam suatu penelitan hukum sehingga, skripsi mahasiswa lebih berwarna, lebih kaya perspektif, tidak hanya dalam perspektif hukum Islam saja. Link Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=70hsbHYz8ZU


Website : Fakultas Syariah - IAIN MADURA


Email : Fakultas Syariah - IAIN Madura


Instagram : Fakultas Syariah IAIN Madura


Facebook : Fakultas Syariah Iain Madura


YouTube : Fasya IAIN Madura TV



 

Hasil polling sementara

Bagaimana pendapat anda tentang web Prodi Ahwal Al-Syakhshiyah?

Sangat Baik
55.6 %
Baik
22.2 %
Cukup
11.1 %
Kurang
11.1 %
Pilih polling sekarang

Agu222019

Studium General Semester Gasal 2016/2017

08.00 - 11.00 WIB

Auditorium STAIN Pamekasan

Karakteristik Penyelesaian Sengketa Perbankan Syari’ah Pada Peradilan Agama Oleh: Dr. Erie Hariyanto, S.H., M.H (Dosen AHS Jurusan Syariah STAIN Pamekasan)
Kewenangan Pengadilan Agama Dalam Mengadili Perkara Kewarisan Islam Berdasarkan Undang-Undang Peradilan Agama
FAWATIH AS-SUWAR: Seni Memulai Komunikasi Efektif dalam Alquran

Data Pengunjung

Online 1 User
Total Hits Hits
Hari Ini 1305
Kemarin 1728
Bulan Ini 8515
Tahun Ini 152145
Total 599686